Yoo,whatsup,gaes
Ya,ini adalah blog pertama gue
Jadi disini gue akan mengajari kalian bagaimana car menyelesaikan rubik 3x3x3
yaa,tanpa basa-basi langsung saja masuk ke rumus nya
Jadi,pertama-tama niatkan di dalam hati bahwa anda telah siap menyelesaikan rubik 3x3x3.selanjutnya kita siapkan rubik 3x3x3 nya dulu,lalu kita mulai memainkan rubik 3x3x3
Tahap 1
Pertama-tama yang harus kalian lakukan yaitu membuat Cross atau "+". Dalam pembuatan cross ini agan harus memegang rubik 3x3 dengan posisi warna kuning diatas dan warna putih dibawah.
Ditahap pembuatan cross..tidak ada rumus atau algoritma yang digunakan.Pada tahap ini agan menggunakan logika atau intuitif.
Ikuti seperti gambar dibawah ini :
Nah gan..setelah sudah bisa menyusun cross seperti gambar diatas.
Cara selanjutnya yaitu samakan warna Edge dengan warna Center dengan cara memutar daerah atas.
Seperti gambar dibawah ini :
Setelah sudah disamakan seperti gambar diatas,lalu putar 2(dua) kali kearah bawah..dengan
Rotasi F2 atau F2 kali,,sampai keempat Edge berada didaerah putih dengan warna ke empat Edge sama seperti warna ke empat Center.
Rotasi F2 atau F2 kali,,sampai keempat Edge berada didaerah putih dengan warna ke empat Edge sama seperti warna ke empat Center.
Kalau masih sedikit bingung..berikut contohnya :
Gimana gan sampai disini mengerti atau masih bingung..kalau mengerti ikuti terus sampai akhir tahap penyelesaiannya ya.
Next lagi gan..
Setelah sudah kebentuk cross dan warna edge sama seperti warna center.
Lalu agan lihat dibagian atas(kuning)..Cari posisi warna putih seperti gambar dibawah ini:
Setelah sudah ketemu,samakan warna corner dengan center,seperti berikut :
Jika posisi corner putih menghadap kearah kiri,masukkan rumus:
L' U' L
Contoh menghadap kearah kiri :
Dan jika sebaliknya posisi corner putih menghadap kearah kanan,masukkan rumus :
R U R'
R U R'
Contoh menghadap kearah kanan :
Jika agan menemukan kondisi warna putih menghadap keatas, seperti gambar dibawah ini :
Masukkan rumus : R U'2 R' U' ( Jika warna putih yang menghadap keatas berada disisi kanan )
Jika posisi warna putih yang menghadap keatas berada disisi kiri,masukkan rumus : L' U2 L U
Catatan : Pada saat memasukkan rumus untuk menyelesaikan kondisi seperti diatas,cari posisi corner yang masih kosong atau belum terisi dengan warna corner sebenarnya.
Contohnya :
Lihatlah bulatan berwarna hitam seperti gambar diatas(yaitu kondisi yang belum terisi dengan corner yang sebenarnya)
Lakukan seperti cara-cara diatas sampai menjadi seperti gambar dibawah ini:
Nah gan..Tahap 1 agak sedikit panjang,tapi tidak mengapa nanti juga terbiasa.Ane sengaja ngasih gambar-gambar supaya agan lebih mengerti dan paham.
Sampai disini masih mengerti ?..kalau agan masih mengerti..ane lanjut ketahap selanjutnya.
Tahap 2
Tahap kedua yaitu menyelesaikan Layer 2.Ane ingatkan kembali memegang posisi rubik3x3 dengan warna kuning diatas dan putih dibawah.
Setelah tahap 1 sudah jadi seperti ini :
Agan lihat dibagian atas (kuning),lalu cari warna Edge yang tidak mengandung unsur kuning atau yang tidak ada warna kuningnya.
Seperti gambar dibawah ini:
Seperti gambar dibawah ini:
Yang ane bulatkan berarti itu tidak mengandung unsur berwarna kuning.
Setelah itu agan samakan warna edge dengan warna center,seperti gambar dibawah ini:
Lalu agan lihat,kondisi warna yang sama itu, posisi sebenarnya terletak diarah kanan atau kiri.
Jika posisi berada di kanan,Contoh :
Masukkan rumus berikut :
U R U' R' U' F' U F
U R U' R' U' F' U F
Dan jika sebaliknya posisi berada di kiri,Contoh :
Masukkan rumus berikut :
U' L' U L U F U' F'
U' L' U L U F U' F'
Jika agan menemukan kondisi seperti gambar dibawah ini :
Kondisi keempat Edge berwarna kuning atau tidak ada yang berwarna selain kuning pada Edge diatas.Hal yang dilakukan yaitu agan langsung aja masukkan rumus sesuai posisi yang masih kosong atau belum terisi,posisi seperti ini :
Gambar diatas menunjukkan posisi disisi kiri yang masih kosong,nah langsung saja agan memasukkan rumus untuk tangan kiri atau U' L ' U L U F U' F'.
Nah setelah itu agan cari-cari lagi deh...dan masukkan rumusnya sesuai letaknya dikanan atau dikiri.
Lakukan cara diatas sampai menjadi seperti gambar dibawah ini:
Masih penasaran ya gan,untuk ke tahap berikutnya.
Yuk,next lagi gan..
Tahap 3
Tahap ketiga yaitu menyelesaikan OLL atau warna atas(kuning).Ada banyak ni gan kondisi bentuk warna kuning,akan tetapi ane akan menjelaskannya yang dasarnya saja.
Kondisi 1
Jika agan menemukan kondisi berbentuk r kecil,posisikan r kecil seperti gambar diatas.
Lalu masukkan rumus:
f R U R' U' f'
Jika agan menemukan kondisi berbentuk r kecil,posisikan r kecil seperti gambar diatas.
Lalu masukkan rumus:
f R U R' U' f'
Catatan: Didalam menyelesaikan kondisi r kecil,ada gerakan baru yaitu f kecil.
Agan bisa melihat di artikel ane yaitu "gerakan dasar pada rubik's cube"
Lanjut ke kondisi 2..
Kondisi 2
Kalau agan menemukan kondisi berbentuk garis,posisikan garis seperti gambar diatas.
Lalu masukkan rumus:
F R U R' U' F'
Kalau agan menemukan kondisi berbentuk garis,posisikan garis seperti gambar diatas.
Lalu masukkan rumus:
F R U R' U' F'
Kondisi 3
Kondisi berbentuk titik sama halnya juga seperti kondisi garis.
Masukkan rumus:
F R U R' U' F'
Kondisi berbentuk titik sama halnya juga seperti kondisi garis.
Masukkan rumus:
F R U R' U' F'
Setelah agan memasukkan rumus kesalah satu kondisi sesuai apa yang agan temukan.Dan jikalau agan belum menemukan kondisi berbentuk ikan,,gunakan terus menerus.. rumus untuk menyelesaikan kondisi ikan,sampai ketemu kondisi ikan sebenarnya.
Kondisi 4
Jika menemukan kondisi berbentuk ikan..Arahkan kepala ikan ke arah sudut kiri,seperti gambar diatas.
Lalu masukkan rumus:
R U R' U R U2 R'
Jika menemukan kondisi berbentuk ikan..Arahkan kepala ikan ke arah sudut kiri,seperti gambar diatas.
Lalu masukkan rumus:
R U R' U R U2 R'
Nah sampai disini lancar atau gimana ni gan..tersisa tahap menyelesaikan PLL ni gan.
Oke gan..Lanjut lagi ya.
Tahap 4
Tahap keempat yaitu menyelesaikan PLL.Dalam menyelesaikan PLL ada banyak kondisi ni gan..akan tetapi ane hanya menjelaskan yang dasarnya saja.
Setelah agan menyelesaikan OLL..nah agan lihat didaerah PLL ada dua warna corner yang sama atau tidak.
Seperti gambar berikut :
Nah kalau ada ,posisikan dua corner itu di tempat warna yang sebenarnya.Seperti gambar berikut:
Seperti gambar berikut :
Nah kalau ada ,posisikan dua corner itu di tempat warna yang sebenarnya.Seperti gambar berikut:
Lalu masukkan rumus:
R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L
R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L
Dan jikalau ga ada dua corner yang sama.
Seperti ini:
Tidaklah mengapa..langsung saja agan masukkan rumus yang barusan ane tulis..sampai ketemu dua corner yang sama,,nah baru agan masukkan rumus yang sama lagi.
Seperti ini:
Tidaklah mengapa..langsung saja agan masukkan rumus yang barusan ane tulis..sampai ketemu dua corner yang sama,,nah baru agan masukkan rumus yang sama lagi.
Sampai agan menemukan warna yang sudah jadi..seperti ini:
Lalu warna yang sudah jadi, agan letakkan di posisi belakang.
Seperti ini:
Lalu warna yang sudah jadi, agan letakkan di posisi belakang.
Seperti ini:
Tanda yang ane beri garis, yaitu letak warna yang sudah jadi.
Setelah itu agan lihat dahulu kondisi edge yang belum sama,warna edge itu berurutan searah jarum jam atau lawan dari jarum jam.
Catatan: Jika agan menemukan kondisi seperti ini:
Keempat warna edge berbeda ..agan langsung aj memasukkan rumus,boleh searah jarum jam maupun lawan dari jarum jam.Nanti ketemunya antara searah jarum jam dan lawan dari jarum jam.
Keempat warna edge berbeda ..agan langsung aj memasukkan rumus,boleh searah jarum jam maupun lawan dari jarum jam.Nanti ketemunya antara searah jarum jam dan lawan dari jarum jam.
Taraaa...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar